Desa Pattaneteang

Smart Village Desa Pattaneteang

Desa Pattaneteang pada tahun 2020 ini ditetapkan sebagai salah satu dari enam desa lokus pengkajian dan pendataan dalam rangkaian program Desa Cerdas (Smart Village). Keenam desa yang terpilih dalam kegiatan ini berdasarkan penyaringan dari kurang lebih 8000 desa di Sulawesi sebagai wilayah kerja Balai Latihan Masyarakat Makassar.

Dalam rangka kegiatan kajian program Desa Cerdas (smart village) oleh Kementerian Desa PDT dn Transmigrasi tersebut, yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Badan Penelitian dn Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi (Balilatfo), tim dari Balai Latihan Kerja Masyarakat Makassar melakukan kunjungan pada 23 Juni 2020 di Desa Pattaneteang.

Dalam kunjungan tersebut, Drs. A. Rijal Kadir, Penggerak Swadaya Masyarakat Madya Balai Latihan Masyarakat Makassar melakukan bersama Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Bantaeng Ibu Harmony serta TA Pendamping Kabupaten, Baharuddin.

Pada kesempatan tersebut Andi Rijal Kadir mengungkapkan bahwa kriteria Desa Cerdas (Smart Village) adalah desa yang secara inovatif telah menggunakan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, efisiensi dan daya saing dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Lebih lanjut, Andi Rijal Kadir menjelaskan bahwa pilar pokok dari Desa cerdas adalah smart people, government, ekonomic, living, environment, dan mobility.

“Dalam hal ini Pemerintah Desa Pattaneteang telah mengimplementasikan hal-hal tersebut dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Untuk itu kami akan mendorong dan mendukung agar desa Pattaneteang bisa cepat mewujudkan tercapainya Desa Mandiri yang bisa mensejahterakan masyarakatnya.” ungkapnya.

Admin Pattaneteang

Add comment