Desa Pattaneteang

Pola Pemanfaatan & Tata Guna Lahan

Terdapat enam kawasan yang berada dalam wilayah Desa Pattaneteang, yakni: 1. Kawasan Pemukiman, 2. Kawasan Pertanian Pangan (Sawah), 3. Tegalan, 4. Kebun Campur, 5. Kopi, 6. Hutan dan 7. Lahan PLTMH.

Desa Pattaneteang adalah salah satu dari tiga desa di Kecamatan Tompobulu yang mendapatkan program pengelolaan Hutan Desa pada berdasarkan SK Menteri Kehutanan No.55/Menhut-II/2010 Tanggal 21 Januari Tahun 2010.

Hutan Desa di Pattaneteang terbagi menjadi dua bagian yaitu Hutan Inti seluas 48.38 Ha yang berfungsi sebagai hutan lindung. Selain Hutan Inti, ada pula Hutan Desa sebagai Hutan Pemanfaatan seluas 199.05 H atau 17.88% yang ditanami kopi dan cengkeh.

Di desa ini juga terdapat pemanfaatan lahan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro yang dikelola oleh PT Megapower Makmur seluas 7.17 Ha atau berkisar 0.64 %

Program pembangunan hutan desa di Kabupaten Bantaeng memperoleh dukungan dari pemerintah daerah antara lain berupa pengintegrasian program tersebut dengan Program Desa Mandiri. Dukungan tersebut meliputi beberapa aspek antara lain: finansial, kebijakan lokal, serta pembentukan dan penguatan lembaga kemasyarakatan pengelola hutan desa.

Saat ini Desa Pattaneteang sedang melakukan pembentukan dan penguatan lembaga kemasyarakatan pengelola hutan desa.

Saat ini ada bagian hutan desa Pattaneteang yang masih menjadi sengketa antara Pemerintah Kab. Bantaeng dengan Pemerintah Kab. Bulukumba. Hutan seluas 182.28 Ha, secara administratif, berada di wilayah Kab. Bulukumba, namun dalam semua peta mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional termasuk ke dalam wilayah Bantaeng, dalam hal ini Desa Pattaneteang.

Admin Pattaneteang

Add comment