Desa Pattaneteang

Pelatihan GIS untuk SID Desa Sao Tanre

Bekerja sama dengan Desa Sao Tanre, Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai, Desa Pattaneteang menggelar Pelatihan Geographic Information System (GIS) untuk Sistem Informasi Desa (SID).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 12 – 14 Februari 2020. Para peserta yang terdiri dari enam pemuda desa Sao Tanre belajar langsung penggunaan instrumen pemetaan dan software GIS dalam memetakan desa. Dalam kegiatan selama tiga hari ini, peserta juga melakukan praktek lapangan dan pemetaan kawasan, membuat data geospasial dan peta dasar untuk pangkalan Sistem Informasi Desa, hingga pembuatan dan pencetakan peta desa.

Praktek lapangan simulasi pendataan dan pemetaan
peserta Pelatihan GIS untuk SID Sao Tanre

“Sudah menjadi kewajiban desa untuk melakukan pembangunan dengan memanfaatkan tehnologi. Dengan adanya pangkalan SID, nantinya semua program yang ada di desa bisa lebih terarah dan akuntabel karena sudah berbasis data dan peta” jelas Andi Sulaiman, Kepala Desa Sao Tanre, Sinjai.

Andi Sulaiman dan Lukman, S.Km mendampingi peserta pelatihan.
Andi Sulaiman dan Lukman, S.Km mendampingi peserta pelatihan.

Lebih lanjut, Andi Sulaiman mengungkapkan bahwa selaku kepala desa, ia sengaja memilih anak muda untuk mengikuti pelatihan ini karena sangat menginginkan agar pemuda desa terlibat langsung dalam pembangunan desa, “saya sengaja memilih anak muda karena percaya partisipasi pemuda desa akan berdampak signifikan pada pembangunan dalam memajukan desa kami”

Pelatihan ini adalah kegiatan pertama yang digelar oleh Pattaneteang Learning Center atau Sekolah Desa Pattaneteang. Pusat belajar ini digagas dan dikelola bersama pemerintah dan pemuda Desa Pattaneteang. Pattaneteang Learning Center membuka kesempatan desa-desa lain untuk belajar bersama dalam memajukan desa masing-masing.

“Sekolah Desa Pattaneteang ini kami niatkan sebagai wadah belajar pengembangan desa berbasis data dan peta. Kami juga sangat terbuka dan menerima kedatangan desa-desa lain untuk belajar dan berdiskusi apa yang bisa kita lakukan bersama, kerjasama antar desa, dalam mengembangkan desa kita.” ungkap Lukman, S.Km, Kepala Desa Pattaneteang.

Admin Pattaneteang

1 comment