Desa Pattaneteang

PAMSIMAS HID UNTUK DESA PATTANETEANG TAHUN 2020

Lokasi pembangunan reservoir KKM Daulu pattaneteang

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS Kabupaten Bantaeng) memutuskan bahwa Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng mendapat alokasi HID tahun 2020 sebesar Rp 170.000.000,- yang berasal dari APBN. Hibah dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat, anggaran akan ditransfer langsung kepada masyarakat melalui Kelompok Kerja Masyarakat (KKM Daulu, Desa Pattaneteang) sesuai dengan Rencana Kerja yang telah disusun. Dalam pelaksanaannya, penerima HID wajib menyediakan dana pendampingan berupa in kind dan in cash senilai 20 % dari jumlah BLM yang diterima. Swadaya In kind berupa tenaga kerja sebesar 36.375.000,- sedangkan in cash berupa uang cash dari masyarakat sebesar 6.125.000-, Kewajiban share anggaran bertujuan agar masyarakat merasa memiliki dan bersungguh sungguh dalam pelaksanaan program.

HID diperuntukkan bagi Desa Pamsimas yang berkinerja baik. Kriteria penilaian yaitu keberfungsian system, penerapan tarif air minum kepada pelanggan, serta sudah terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS).  HID ditujukan untuk pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yaitu pengembangan cakupan wilayah pelayanan.

Protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan

Pelaksanaan kegiatan dalam masa pandemic Covid 19 harus memperhatikan protocol kesehatan yang telah diterbitkan oleh pemerintah. Dalam perencanaan Program Pamsimas III (HID) Hibah Insentif Desa khususnya di Desa Pattaneteang akan dibangun Bak Pelepas Tekanan (BPT) yang berlokasi di Daulu Dusun Biringere, Lanjutan Pembangunan Pipa Distribusi di 2 Dusun (Balla Lompoa, Katabung) dan sarana Cuci tangan pakai sabun (CTPS) di beberapa lokasi strategis (Puskesdes, Pustu, Kantor Desa Pattaneteang, SD Inpres Bungeng, dan Juga SD Negeri 60 Katabung).  Dalam pelaksanaan HID nanti agar para pihak mempedomani Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pamsimas Dalam Masa Pandemi Covid 19 yang diterbitkan Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Kabupaten Bantaeng demikian di katakan Khaerul Ma’ruf selaku Tim fasilitator Pamsimas Kabupaten Bantaeng.

Sementara itu KKM Daulu Pattaneteang Asdar Rannuang, SE. menjelaskan ” program ini merupakan hasil dari kerja tim yang berkelanjutan dan semoga bisa meningkatkan nilai kesehatan masyarakat Pattaneteang pada umumnya dengan program air bersih yang berkelanjutan.

Disisi lain kepala Desa Pattaneteang Lukman, S. KM mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk meningkatkan pola hidup sehat masyarakat. ” Kami mengapresiasi kegiatan ini untuk meningkatkan pola hidup sehat masyarakat, dan menjadi bagian dari kinerja masyarakat Pattaneteang yang di apresiasi oleh pemerintah daerah sampai ke tingkat pusat”. Jelasnya.

pattaneteang

Add comment