Desa Pattaneteang

Musyawarah Desa Husus Anak & Difabel TA. 2021

Ibu Ramlah ( PMD), Kades pattaneteang, PLD, ketua Forum anak Kabupaten Bantaeng, Ahmad Fathonah (Fasilitator anak Tingkat nasional )

Musyawarah husus anak & difabel merupakan proses musyawarah dan diskusinya melibatkan pendapat dan aspirasi anak & difabel yang ada di Desa Pattaneteang, Merekalah yang menjadi aktor dalam diskusi ini. 

Musrenbang Anak & difabel yang telah dilaksanakan menghasilkan rekomendasi aspirasi suara anak untuk disampaikan ke kepala Desa.

Musrenbang bertujuan mengakomodir aspirasi anak & difabel mengenai kebutuhan, keinginan mereka. Juga aspek perlindungan anak yang ada ada di desa hususnya.

Desa Pattaneteang yang merupakan salah-satu Desa Layak Anak di Kabupaten Bantaeng, hari ini tanggal 31 Agustus 2020 melaksanakan Musyawarah Desa untuk Anak dan Penyandang Disabilitas dilaksanakan di Aula Lantai 2 Kantor Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan anak, Disabilitas dan Forum Anak Butta Toa. tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya pemenuhan Hak Anak untuk mendengarkan & menindaklanjuti aspirasi mereka.

Dua tahun terakhir pemerintah Desa Pattaneteang menyelenggarakan Musdes Anak dan disabilitas, acara Musdes anak dan disabilitas dirangkaikan dengan pemberian beasiswa berprestasi di semua sekolah Desa Pattaneteang terdapat 3 sekolah Dasar ( SD Inpres Bungeng, SDN 60 Katabung, MI Biringere), 1 Sekolah Menengah Pertama ( MTs Biring Ere) dan 1 Sekolah Menengah Atas ( MA Biringere). Sebanyak 72 Siswa Siswi Berprestasi di apresiasi oleh pemerintah Desa Pattaneteang.

Foto bersama penerima beasiswa prestasi dari MA yapkah Biringere bersama kepala Desa

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yang turut hadir mengharapkan agar Musyawarah Anak ini bisa menghasilkan mimpi2 yg bisa direalisasikan oleh pemerintah Desa, “ucapan terima kasih kami ucapkan kpd Kepala Desa yg selalu memberi ruang kpd Anak2 utk menyalurkan aspirasi”.

Kepala desa pattaneteang Lukman, S. KM mengatakan ” untuk kegiatan yang menjadi prioritas di usulkan oleh anak & difabel insya Allah akan menjadi prioritas kegiatan Tahun anggaran 2021, saya juga menantang anak-anak kita untuk mengikuti program sehari menjadi kepala desa di pattaneteang bagi siswa yang terpilih di sekolah masing-masing”.

Sementara itu Ketua BPD Bapak Baitullah, S. Ag, S. Pd yang membuka Acara menyampaikan dalam sambutannya ” musyawarah anak menjadi hal yang sangat positif untuk membangkitkan inovasi dan semanagat anak sebagai generasi pelanjut pembangunan Desa”. Ungkapnya

pattaneteang

Add comment