Desa Pattaneteang

Jumlah & Jenis Energi

Untuk bahan galian, hanya terdapat galian tambang berupa tambang batu seluas sekira satu ha yang dikelola secara tradisional oleh warga. Di Desa Pattaneteang terdapat satu Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yang terletak di Dusun Bungeng. PLTMH ini memanfaatkan aliran Sungai Bialo kapasitas terpasang 4,41 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik warga Bantaeng.

Untuk energi, sumber utama daya listrik di desa ini adalah dari jaringan distribusi Perusahaan Listrik Negara (PLN), lihat Tabel 4 dan Peta Jaringab Listrik pada Jaringan Listrik Desa Patteneteang

Jenis dan sumber energi lainnya yang digunakan oleh warga Pattaneteang adalah bahan bakar fosil (bensin, solar, gas dan minyak tanah) untuk kendaraan bermotor mereka, juga untuk mesin – mesin dan kompor masak. Untuk keperluan memasak, sebagian warga masih menggunakan kayu bakar, selain kompor minyak tanah dan kompor gas. (lihat Tabel 23)

Berdasarkan tabel di atas, jumlah pemakaian dan belanja energi di Desa Pattaneteang Tahunan (pada 2019) adalah sebesar empat milyar lebih. Untuk lebih detail bisa lihat pada Tabel 24.

*Jumlah pemakaian bensin dan solar di atas berdasarkan jumlah kendaraan (mobil dan sepeda motor) dikalikan dengan jumlah rerata pemakaian per hari.

*Jumlah pemakaian Minyak Tanah berdasarkan jumlah pemakai di dalam desa dikalikan dengan rerata pemakaian dalam sehari.

*Jumlah pemakaian gas elpiji berdasarkan jumlah pemakai dikalikan dengan rerata pemakaian per bulan.

Admin Pattaneteang

Add comment