Desa Pattaneteang

Jenis Tanaman & Luas Lahan

Jenis tanaman utama perkebunan (tanaman jangka-panjang untuk diperdagangkan, cash crops) di Desa Pattaneteang adalah kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta) serta (cengkeh (Syzygium aromaticum).

Praktis, seluruh lahan kebun campuran di Desa Pattaneteang adalah kebun cengkeh sebagai tanaman utama, sementara tanaman lainnya –seperti pala (Myristica fragrans), serta beragam bebuahaan seperti manggis (Garcinia mangostana)—lebih merupakan tanaman sela pada perkebunan cengkeh.

Tabel 19 menunjukkan jumlah rumah tangga pemilik cengke dan kopi di Desa Pattaneteang berdasarkan jumlah tegakan dan dusun.

Terdapat 517 rumah tangga di Desa Pattaneteang yang memiliki kebun cengkeh sendiri, sementara ada 3 rumah tangga yang menanam dengan sistem ijon. Sementara untuk tanaman kopi terdapat 351 rumah tangga yang menanamnya di kebun sendiri dan satu rumah tangga yang menanam dengan sistem ijon. (lihat Tabel 20)

Luas perkebunan kopi di Desa Pattaneteang adalah 436 ha dengan produksi 184 ton dan cengkeh seluas 227 ha dengan produksi 170 ton pada tahun 2018. (lihat Tabel 21)

Admin Pattaneteang

Add comment